cara memulai bisnis di era digital

Teknologi berkembang pesat di segala aspek kehidupan dan mengubah cara kita berinteraksi. Bahkan, teknologi juga mengubah cara kita memulai dan menjalankan bisnis.

Untuk berhasil memulai bisnis di era digital, seseorang harus paham teknologi dan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsumen mereka.

Meskipun memulai bisnis sekarang lebih mudah daripada sebelumnya, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bisnis Anda sukses.

Pada artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang harus diambil oleh pemilik bisnis dan pengusaha untuk memulai dan mempertahankan bisnis di era digital.

Berikut 10 langkah yang baik untuk memulai bisnis anda.

1. Kembangkan Ide Untuk Bisnis Anda.

Cara terbaik untuk menemukan ide bisnis adalah memulai dengan tujuan akhir.

Apa niche dan target pasar Anda? Apa yang mereka butuhkan?

Tidak ada formula yang sempurna untuk menemukan ide bisnis.

Disini kuncinya adalah memikirkan bagaimana produk atau layanan Anda akan membuat hidup orang lebih baik dan bagaimana produk dan layanan tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ada banyak cara untuk mengembangkan ide bisnis, namun kami merangkum 5 langkah terbaik mengembangkan Ide bisnis Anda:

  • Kenali masalahnya
  • Mengevaluasi potensi pasar
  • Tentukan produk atau layanan
  • Temukan cara untuk menghasilkan uang
  • Luncurkan ide Anda

Langkah terpenting adalah bertanya pada diri sendiri apa yang diinginkan dan dibutuhkan target dari dari Anda.

Jadi mulailah dengan mengidentifikasi target pasar Anda dan wawancarai mereka tentang minat, masalah yang dihadapi, atau kebutuhan mereka.

Semakin Anda melatih keterampilan kreativitas Anda, semakin banyak ide bisnis yang Anda miliki. Hal ini merupakan bagian terpenting dalam tahap cara memulai bisnis.

Baca juga Strategi Digital Marketing

2. Membuat Nama yang Relevan Untuk Bisnis Anda.

Nama bisnis adalah kesan pertama dari sebuah perusahaan, sehingga penting bagi sebuah bisnis untuk menemukan nama yang mudah diingat dan diucapkan oleh calon pelanggan.

Jika Anda adalah pemilik bisnis, memilih nama untuk bisnis Anda adalah salah satu keputusan terpenting dalam mendirikan perusahaan Anda.

Ini karena dapat mengatur nada untuk merek Anda dan membantu memandu konsumen untuk memahami apa yang Anda lakukan.

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana pelanggan Anda akan melihat nama tersebut dan bagaimana reaksi mereka saat mendengarnya.

Agar lebih mudah silahkan jawab ketiga pertanyaan berikut ini dan hubungkan dengan kata-kata yang berkaitan.

  • Apa nilai inti perusahaan Anda?
  • Apa saja asosiasi yang muncul dalam pikiran yang sejalan dengan nilai itu?
  • Kata atau frasa apa yang Anda ingin orang kaitkan dengan perusahaan Anda?

Baca juga Manfaat Social Media Marketing

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mencari nama yang bagus untuk perusahaan Anda. Namun, yang paling penting adalah mudah dieja dan mudah diingat.

3. Temukan Target Pelanggan Anda.

Mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda adalah langkah pertama menuju sukses dalam bisnis apa pun.

Menemukan audiens target yang tepat penting untuk setiap bisnis karena membantu menciptakan reaksi yang diinginkan dan pada akhirnya menghasilkan penjualan.

Penting untuk mengidentifikasi pelanggan ideal Anda karena ini membantu Anda menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Ini tidak mudah karena kebutuhan dan keinginan pelanggan berubah seiring waktu.

Namun, Anda perlu mengawasi mereka dan memastikan bahwa mereka merasa puas dengan pembelian mereka.

Yang benar adalah bahwa tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua dalam hal memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Ini akan tergantung pada industri tempat Anda berada, serta jenis perusahaan yang Anda miliki atau jalankan.

Meskipun sulit untuk menemukan target audiens yang sempurna, ada beberapa panduan yang dapat Anda gunakan untuk mempersempit fokus Anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri saat anda berusaha untuk mengetahui cara memulai bisnis :

  • Apa tujuan bisnis saya?
  • Apa nilai inti bisnis saya?
  • Siapa yang saya targetkan?
  • Dengan siapa saya ingin berbicara?

Riset kata kunci adalah proses menemukan kata kunci dan frasa yang harus Anda gunakan dalam konten Anda. Ini membantu Anda mengumpulkan audiens yang tepat untuk bisnis Anda.

Penting bagi bisnis untuk mengetahui cara melakukan penelitian kata kunci sehingga mereka dapat memaksimalkan upaya mereka dalam hal pemasaran konten.

Ini juga membantu mereka memahami pelanggan mereka dengan lebih baik.

Banyak perusahaan yang beralih dari pendekatan pemasaran tradisional, seperti periklanan, menuju strategi pemasaran digital yang lebih efektif.

Pendekatan ini melibatkan penggunaan kombinasi SEO dan ide konten yang kuat untuk menarik pelanggan dan menyebarkan kesadaran merek secara online.

Baca juga manffat dan cara menggunakan Brand Awareness

Tidak seperti strategi pemasaran tradisional, pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk fleksibel dengan anggaran iklan mereka karena mereka tidak terjebak dengan jumlah tertentu yang sulit atau tidak mungkin untuk ditingkatkan tanpa memicu tanggal kedaluwarsa kampanye iklan.

4. Tentukan Produk Atau Layanan Anda.


Ada banyak cara memulai bisnis , salah satunya adalah menemukan ide produk baru untuk bisnis Anda.

Salah satu idenya adalah untuk melihat kompetisi dan melihat apa yang mereka lakukan.

Cara lain untuk menghasilkan ide adalah dengan memikirkan bagaimana orang menggunakan suatu produk dan apa yang mungkin mereka butuhkan di masa depan.

Bagian terpenting dari proses pengembangan produk adalah fase pembuatan ide.

Disinilah segala kemungkinan mulai dijajaki.

Cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan brainstorming ide sebanyak mungkin dan kemudian menerapkannya ke dalam tindakan.

Untuk mendapatkan ide-ide baru dan bertukar pikiran secara kreatif, penting untuk menemukan cara yang cocok untuk Anda dan tim Anda.

Ide produk harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk kebutuhan pelanggan, persaingan, dan tren industri.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa membantu Anda untuk menemukan ide produk:

a. Tentukan Pernyataan Masalah

Pernyataan masalah adalah langkah pertama dari setiap proses pencarian solusi. Ini membantu mendefinisikan masalah dan memandu sisa langkah yang terlibat dalam menemukan solusi. Pernyataan masalah dapat bervariasi tergantung pada apa yang Anda coba selesaikan, tetapi yang terbaik adalah tetap fokus pada kebutuhan pelanggan.

b. Brainstorm Solusi Potensial

Pada langkah ini, Anda perlu melakukan brainstorming solusi potensial untuk masalah yang telah disajikan.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk memberikan pendekatan potensial untuk memecahkan masalah dan tidak terjebak dalam kebiasaan hanya dengan satu pilihan.

c. Analisis Lanskap Kompetitif

Untuk bertahan hidup, perusahaan harus tahu apa yang dilakukan pesaing mereka dan bagaimana mereka melakukannya. Ini adalah sesuatu yang harus dilakukan perusahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang akan membantu mereka mengalahkan persaingan.

Dengan data ini, perusahaan dapat merencanakan ke depan dan melihat kinerja dan pertumbuhan pendapatan mereka di masa depan. Mereka juga dapat mengidentifikasi area di mana mereka perlu meningkatkan dan menemukan peluang baru.

Analisis Lanskap Kompetitif adalah langkah ketiga dalam proses Business Model Canvas dan membantu memahami apa yang dilakukan pesaing Anda, bagaimana mereka melakukannya, dan di mana Anda dapat mendominasi pangsa pasar.

Baca juga pengertian dan jenis-jenis Branding Agency

d. Pilih Solusi Untuk Dikejar

Ketika Anda mempertimbangkan berbagai opsi yang tersedia untuk Anda, Anda dapat memilih solusi yang sesuai dengan situasi dan keahlian Anda saat ini.

Jika saya adalah seorang copywriter yang mencari pekerjaan baru, saya ingin mencari agen yang akan mempekerjakan saya berdasarkan keterampilan saya daripada industri tempat saya bekerja.

e. Tentukan Rencana Penelitian & Pengembangan

Sebagai akibat dari perubahan teknologi, telah terjadi pergeseran cara perusahaan melakukan penelitian dan pengembangan. Ada banyak cara baru untuk mendekati tahap proses ini dan sering kali melibatkan pembuatan tim bertenaga AI yang akan membuat keputusan tentang bagaimana melanjutkan proses tersebut.

Perubahan teknologi juga berarti bahwa perusahaan harus lebih akurat ketika mereka menggunakan teknologi baru dalam proses pengembangan R&D mereka. Mereka tidak mampu untuk memilih teknologi yang tidak akan bekerja untuk mereka dan telah membuang-buang waktu dan uang untuk itu. Manfaat asisten penulisan AI tidak dapat diabaikan karena dapat menyelamatkan perusahaan dari proses yang memakan waktu.

5. Dapatkan Ulasan Positif di Platform Media Sosial.

Pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis apa pun, dan mereka adalah bentuk iklan terbaik bagi sebagian besar perusahaan.
Penting bagi perusahaan untuk memiliki reputasi positif secara online dan offline karena dapat membantu untuk menarik lebih banyak klien dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Perusahaan membutuhkan ulasan untuk menyebarkan berita tentang layanan mereka.

Orang-orang akan sering membagikan pengalaman positif mereka terhadap layanan yang di dapatkan melalui platform media sosial seperti Facebook atau Instagram yang dapat membantu perusahaan mendapatkan lebih banyak klien sekaligus membantu mereka mendekati pelanggan baru.

Ada dua cara agar perusahaan dapat menghasilkan ulasan:

1. Mereka dapat membuat iklan yang mempromosikan produk atau layanan mereka untuk menarik pelanggan yang ingin meninggalkan ulasan.

2. Mereka dapat menawarkan insentif seperti diskon atau pengiriman gratis ketika pelanggan memposting ulasan di situs web dan platform media sosial mereka tentang perusahaan tersebut.

Ulasan online memiliki dampak yang besar pada keberhasilan suatu produk atau layanan perusahaan. Mereka dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan dan membuat bisnis Anda lebih efisien.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk membuat konten yang dapat dibagikan di platform media sosial. Ini juga bisa menjadi ide bagus bagi Anda untuk berinvestasi dalam membuat konten yang berpotensi menjadi viral, konten yag menarik sangat membantu cara memulai bisnis di era digital.

Penting juga untuk tidak mengabaikan ulasan negatif karena dapat membawa Anda ke jalan yang salah jika tidak ditangani dengan benar.

Baca jug Cara Meningkatkan Konversi Landing Page

6. Tindak Lanjut Dengan Pelanggan dan Ukur Keberhasilan Keterlibatan melalui Metrik Online

Hal terpenting tentang proses penjualan adalah menindaklanjuti dengan pelanggan setelah pembelian mereka.
Ini sering dianggap sebagai salah satu langkah terpenting dalam proses penjualan dan juga salah satu tahap yang paling diremehkan.

Langkah ini dimulai dengan memberi pelanggan pengalaman yang luar biasa, itulah sebabnya mengapa selalu penting untuk mengingat mereka saat Anda menulis materi. cara memulai bisnis sangat memerlukan feedback yang tepat untuk mengukut pengalaman pelanggan.

Metrik online memberikan indikasi yang lebih baik tentang seberapa terlibat audiens Anda dengan konten Anda. Mereka juga dapat membantu Anda mengukur keberhasilan upaya pemasaran online Anda.

Penggunaan perangkat lunak analitik tersebar luas di antara perusahaan dan merek dan secara signifikan membantu mereka menganalisis kinerja mereka di dunia digital. Beberapa metrik paling populer yang dilacak oleh perusahaan-perusahaan ini meliputi:

  • Waktu yang dihabiskan di situs untuk pengguna dan tampilan halaman untuk pengunjung
  • Rata-rata waktu yang dihabiskan di halaman
  • Rasio pentalan untuk pengguna
  • Keterlibatan audiens dengan konten
  • Referensi dari saluran media sosial

7. Buat Kampanye Pemasaran untuk Penawaran, Konten, dan Promosi Baru.

Pada tahap ini, copywriter akan mengatur nada dan membuat kampanye pemasaran untuk penawaran, konten, dan promosi baru.
Di sinilah Anda dapat memastikan bahwa merek Anda menjangkau audiens targetnya dengan cara yang cerdas dan menawarkan mereka pengalaman yang menarik.

Anda dapat membuat kampanye pemasaran dengan terlebih dahulu membuat penawaran.

Misalnya, jika Anda ingin memulai bisnis baru yang menjual es krim, Anda akan membuat penawaran seperti “Dapatkan diskon 50% dari pesanan pertama Anda” dan kemudian menggunakannya sebagai dasar untuk kampanye pemasaran Anda.

Kampanye pemasaran seperti mantra yang dapat Anda gunakan untuk mendorong pesan yang sama di semua saluran pemasaran Anda, dengan tujuan menghasilkan lebih banyak penjualan dan mendapatkan ROI yang lebih tinggi.

Beberapa area utama dalam langkah ini meliputi:

  • Mengembangkan ide konten
  • Optimisasi mesin pencari (SEO)
  • Media sosial
  • Email Pemasaran

Membuat kampanye pemasaran dalam cara memulai bisnis bisa jadi rumit karena melibatkan begitu banyak aspek bisnis yang berbeda.

Namun, jika Anda berhati-hati saat merencanakannya dan menggunakan sumber daya secara efektif, maka prosesnya akan berjalan lancar.

8. Pantau Metrik Anda untuk Mengetahui Apa yang Berfungsi.

Metrik adalah indikator yang memberi tahu Anda bagaimana pekerjaan Anda dan jenis pekerjaan apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya.

Anda dapat menggunakan metrik sebagai cara untuk memetakan strategi konten Anda.

Anda juga dapat menggunakannya untuk melihat apakah ada perubahan yang perlu dilakukan dalam pendekatan atau konsep Anda.

Ada beberapa metrik yang dapat membantu Anda dalam pencarian Anda untuk mengetahui apa yang berhasil untuk strategi pemasaran konten Anda.

  • Jumlah pembagian atau suka pada posting konten Anda.
  • Jumlah orang yang telah mengklik postingan Anda yang dipromosikan.
  • Jumlah pembaca Anda dari waktu ke waktu dengan informasi demografis.
  • Jumlah pengunjung website.
  • Jumlah kata kunci yang sudah mendapatkan peringkat.

Langkah ini sangat penting karena memungkinkan Anda untuk melihat apa yang berhasil atau tidak. Anda dapat memantau metrik Anda seperti klik, konversi, dan berbagi media sosial.

9. Tambah Nilai Untuk Pelanggan Melalui Layanan Pelanggan dan Layanan Dukungan Live Chat

Layanan pelanggan adalah salah satu aspek dari bisnis apa pun yang memberikan nilai bagi pelanggan melalui percakapan yang menarik untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan secara efisien.

Pelanggan perlu tahu bahwa masalah dan kekhawatiran mereka sedang ditangani.

Dengan meningkatnya jumlah pelanggan, penting bagi bisnis untuk mengoptimalkan layanan pelanggan dan layanan dukungan live chat.

Sebagian besar keberhasilan bisnis berasal dari kemampuannya untuk menyediakan layanan pelanggan dan layanan dukungan obrolan langsung yang efisien, pribadi, dan efektif.

Layanan pelanggan adalah proses berinteraksi dengan pelanggan dan memberikan pengalaman terbaik untuk kebutuhan pelanggan. Dukungan obrolan langsung menyediakan cara bagi perusahaan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan mereka secara real-time.

Ada tiga peran yang dapat dimainkan oleh layanan dukungan obrolan langsung untuk memberikan nilai bagi pelanggan:

  • Berikan saran atau rekomendasi
  • Memberikan informasi tentang fitur dan manfaat produk
  • Mengajarkan keterampilan atau memberikan pelatihan

10. Jangkau Mitra Potensial Dari Kompetisi.

Selain platform media sosial, ada banyak cara lain untuk menjangkau mitra potensial di industri ini. Misalnya, Anda dapat bergabung dengan asosiasi profesional atau memulai bisnis Anda sendiri.

Persaingan ketat di bidang ini dan cara terbaik untuk menonjol adalah dengan membangun hubungan dengan rekan-rekan Anda.
Asosiasi profesional adalah cara yang bagus bagi pendatang baru untuk terhubung dengan orang-orang di jaringan mereka dan mendengar tentang tren industri yang akan datang secara teratur.

Beberapa kelompok ini juga memiliki acara khusus untuk berjejaring dan belajar satu sama lain.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk menjangkau calon mitra dari kompetisi.

Anda perlu menemukan sebanyak mungkin orang yang menjual produk dan layanan Anda.

Anda juga harus mencoba mencari orang yang menggunakan salah satu produk atau layanan pesaing Anda untuk menjalin hubungan dengan mereka.

Pada langkah ini, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menjangkau orang-orang yang telah terlibat dengan pesaing di media sosial, buletin email, atau bentuk upaya pemasaran lainnya.

Ini akan memberi Anda banyak peluang untuk kemitraan dan kolaborasi di masa depan.

Jika Anda membutuhkan jasa Branding, tim kami bisa  Membantu anda dalam Branding bisnis anda  yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silahkan menghubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagram dan linkedin kami untuk belajar digital marketing dan mendapatkan info promo terbaru.