fbpx

Social media marketingSocial media marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang paling populer dan efektif saat ini.

Biasanya dilakukan menggunakan berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, tiktok, YouTube dll.

Social media marketing memiliki banyak potensi untuk berkembang karena ada peningkatan jumlah orang yang menggunakan media sosial setiap hari.

Dengan semua platform baru ini dan fitur-fiturnya yang terus diperbarui oleh perusahaan teknologi, kami yakin strategi ini akan terus berkembang dan tumbuh lebih efektif dari waktu ke waktu.

Kita akan membahas lebih lengkap tentang social media marketing pada artikel ini:

Apa itu social media marketing?

Social media marketing adalah bentuk pemasaran digital menggunakan platform media sosial untuk mengiklankan produk atau layanan perusahaan Anda.
Menargetkan orang-orang yang aktif di media sosial.

Social media marketing menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena teknologinya tersedia secara luas untuk publik dan kemampuannya untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Karena dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen secara secara langsung, sekaligus memberikan informasi berharga yang membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

Social media marketing adalah alat penting bagi setiap perusahaan dan masa depan pemasaran.

Manfaat Social Media Marketing.

Social media marketing membantu Anda menghasilkan prospek, memperluas audiens, dan meningkatkan citra publik perusahaan.

Manfaat social media marketing sangat luas dan mencakup meningkatkan brand awareness, pembuatan konten, dan mengarahkan lalu lintas pengunjung ke situs web perusahaan.

Beberapa manfaat social media marketing antara lain:

  • Media sosial adalah cara yang efektif untuk menjangkau banyak orang setiap hari. Hal ini memudahkan perusahaan untuk meningkatkan brand awareness.
  • Membantu perusahaan menjadi lebih efisien dengan menggunakan platform media sosial seperti Facebook atau Twitter sebagai alat untuk mendapatkan ide pembuatan konten.
  • Platform media sosial juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan berita terbaru dari industri mereka.

Social media marketing telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran banyak perusahaan, karena ini adalah cara yang hemat biaya untuk menjangkau target audiens.

Baca juga artikel Cara Membuat Landing Page Dengan 10 Langkah Mudah

Dapat digunakan untuk tujuan branding seperti memposting gambar dengan iklan atau bahkan logo perusahaan.

Juga memungkinkan perusahaan untuk mengiklankan berbagai produk yang tidak tersedia di toko fisik dan mempromosikan layanan.

Banyak bisnis yang sudah mulai meningkatkan penggunaan social media marketing karena banyak manfaatnya.

Kelebihan Social Media Marketing dibanding Marketing Lainnya.

Social media marketing telah meningkat dalam hal dalam lima tahun terakhir dan memberikan lebih banyak peluang untuk bisnis apa pun yang ingin eksis di dunia digital saat ini.

Ada banyak kelebihan social media marketing dibandingkan dengan bentuk pemasaran tradisional lainnya.

  • Biaya lebih murah.
  • Mudah digunakan
  • Tersedia berbagai saluran media sosial yang dapat disesuaikan dengan jenis bisnis Anda.
  • Mudah mendapatkan umpan balik dari pengguna sosial media, yang membantu Anda meningkatkan produk atau layanan Anda.
  • Memiliki audiens yang lebih luas daripada iklan tradisional.

Strategi Social Media Marketing

Social media marketing adalah strategi yang sering digunakan di zaman modern ini, dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk membuat merek Anda dikenali dan membangun kehadiran yang kuat di pasar.

Merupakan cara yang populer karena membantu perusahaan menjangkau audiens target mereka dengan cara yang paling efisien.

Juga membantu perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan mereka dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Baca artikel menarik Cara Membuat Artikel Siap Dalam 30 Menit – Pakai AI

Beberapa contoh strategi social media marketing yang sering sering digunakan adalah:

  • Mengarahkan lalu lintas pengunjung ke situs web.
  • Optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencari.
  • Mencari tahu apa yang diinginkan pengguna dengan cara membuat survei atau mengajukan pertanyaan jajak pendapat.
  • Membuat konten yang menarik untuk mendapatkan like dan share.
  • Membuat copywriting yang bagus untuk setiap konten.

Kampanye social media marketing yang sukses akan menghasilkan reaksi positif dari audiens.

Juga dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas pengunjung ke situs web, menghasilkan prospek, dan konversi penjualan.

Namun, penting bagi Anda untuk menerapkan strategi yang efektif dan memastikan konten Anda berkualitas.

Tidak hanya menjual produk atau layanan Anda di media sosial, tetapi buat juga konten yang menarik, seperti gambar dan video yang dapat dibagikan.

Apa Yang Harus Dipelajari Agar Sukses Menjalankannya?

Social media marketing, atau SMM, adalah bidang yang sangat kompetitif.

Salah satu aspek kunci dari bidang ini adalah dapat membuat konten yang sesuai dengan audiens Anda dan membuat mereka tetap terlibat dengan konten tersebut.

Anda juga harus tahu cara menggunakan analitik sehingga Anda dapat melacak kinerja Anda kampanye media sosial Anda.

Baca artikel lengkap Apa Itu Landing Page – Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Di sini, kami telah membuat daftar beberapa langkah yang akan membantu Anda belajar bagaimana sukses menjalankan social media marketing.

  • Pelajari audiens target Anda dan kembangkan strategi yang sesuai dengan tujuan Anda.
  • Buat konten dengan tujuan membawa nilai dan memberikan solusi bagi orang lain. Ini membantu mencapai tujuan Anda sekaligus meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda.
  • Gunakan alat seperti Hootsuite atau Hubspot untuk mengelola akun media sosial Anda bersama dengan saluran komunikasi lain di dalam perusahaan.

Jenis Social Media Yang Populer di Indonesia.

Di internet, ada banyak platform media sosial yang menawarkan berbagai fitur dan manfaat bagi penggunanya.

Mana yang harus Anda gunakan?

Sulit untuk menjawab pertanyaan ini karena itu akan menjadi pilihan subjektif.

Setiap media sosial memiliki karakter pengguna yang berbeda, sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan karakter target audiens Anda.

Berikut ini merupakan beberapa media sosial yang paling populer di Indonesia dan memiliki basis pengguna yang kuat.

1. Facebook.

social media marketing menggunakan facebook

Facebook adalah platform media sosial paling populer dengan 2.7 miliar pengguna aktif.

Meski sudah ada selama lebih dari satu dekade, Facebook masih berhasil menarik pengguna baru berbondong-bondong untuk mendaftar dan menggunakannya.

Saat Anda beriklan di Facebook, Anda memiliki akses ke hampir 2.7 miliar orang yang akan melihat iklan Anda.

Facebook semakin populer di kalangan orang tua, maka jika target audiens Anda adalah orang yang berumur 35 tahun keatas, Facebook adalah media yang tepat.

2. Youtube.

social media marketing menggunakan youtube

Youtube adalah platform media sosial yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna dan merupakan salah satu situs dengan peringkat teratas di dunia.

Salah satu platform media sosial paling populer di mana orang-orang berbagi semua jenis video, termasuk streaming langsung, video pribadi, konten pendidikan, film, dan banyak lagi.

YouTube juga telah menjadi platform pilihan bagi pembuat konten untuk berbagi karya mereka.

Orang-orang menggunakan YouTube untuk berbagi pendapat dan informasi yang mereka anggap menarik dalam kehidupan mereka sendiri seperti pikiran dan perasaan mereka sendiri atau sesuatu yang terjadi pada mereka.

3. Whatsapp.

social media marketing menggunakan whatsapp

Pengaruh Whatsapp di dunia media sosial tidak dapat disangkal, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif.

Whatsapp adalah aplikasi perpesanan gratis dengan panggilan suara yang memungkinkan Anda terhubung dengan teman dan keluarga dari manapun Anda berada di dunia.

Dapat digunakan pada ponsel cerdas atau perangkat komputer apa pun dengan browser web seluler, memungkinkan konektivitas yang hampir tak terbatas.

4. Instagram.

social media marketing menggunakan instagram

Instagram adalah platform media sosial yang dikenal luas sebagai tempat visual pertama untuk berbagi foto dan video dengan pengguna aktif 1.2 miliar.

Jaringan ini telah berkembang pesat sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012.

Sejak diakuisisi oleh Facebook, Instagram telah berubah dari aplikasi berbagi foto sederhana menjadi alat pemasaran penting untuk perusahaan.

Saat ini, sepertinya semua orang menggunakan Instagram untuk tujuan bisnis – bahkan perusahaan besar seperti Nike dan Coca Cola.

Instagram sangat efektif untuk memasarkan produk fashion dan gaya hidup dengan target kalangan muda.

5. Tiktok.

social media marketing menggunakan tiktok

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi video pendek.

Merupakan salah satu platform media sosial yang sangat cepat berkembang.

Sampai sekarang, TikTok memiliki lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia.

Keberhasilan Tiktok dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk melibatkan pengguna dengan kontennya.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan TikTok untuk kampanye media sosial.

6. Linkedin.

social media marketing menggunakan linkedin

LinkedIn adalah platform media sosial yang menghubungkan para profesional dari seluruh dunia.

LinkedIn digunakan oleh lebih dari 320 juta profesional di seluruh dunia.

Lebih dari 2 miliar orang mengunjungi LinkedIn setiap bulan, yang menjadikannya media yang sempurna bagi perusahaan untuk mengembangkan jaringan.

LinkedIn juga menyediakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran, alat analisis sosial, dan perangkat lunak analisis pemasaran.

Tugas Manager Social Media Marketing.

Manajer social media marketing bertanggung jawab atas pemasaran dan promosi perusahaan di platform media sosial.

Sebagai orang utama yang bertanggung jawab atas semua interaksi media sosial perusahaan, mereka bertanggung jawab untuk membangun hubungan dan mengembangkan strategi.

Memantau kinerja berbagai platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dll.

Artikel menarik lainnya Digital Agency – Pengertian, Jenis dan Contoh Digital Agency di Indonesia

Manajer media sosial juga bertanggung jawab untuk menjadwalkan konten dan pembuatan konten dengan bantuan tim atau individu.

Manajer social media marketing memiliki tanggung jawab profesional dan pribadi kepada karyawan, perusahaan, dan konsumen. Seperti hal-hal berikut:

  • Mengembangkan strategi yang akan melibatkan audiens dalam kegiatan promosi perusahaan.
  • Melakukan promosi di media sosial.
  • Menganalisis data dan melaporkan kinerja promosi perusahaan.
  • Merencanakan konten media sosial.
  • Membuat konten untuk media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Ada beberapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan ini.

  • Terbiasa dengan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Snapchat.
  • Mereka harus memiliki gelar sarjana atau pengalaman setara di bidang pemasaran atau bisnis terkait.
  • Memiliki setidaknya 3-4 tahun pengalaman kerja sebagai manajer pemasaran atau manajer bisnis.
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik yang berarti mampu bernegosiasi secara efektif dengan klien atau karyawan dalam berbagai skenario.

Social Media Marketing Tools.

Melakukan social media marketing bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kekonsistenan dan perencanaan yang matang.

Namun untuk memudahkan Anda dalam menjalankannya, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan.

1. ContentCal.

contentcal-social media marketing tools

 

ContentCal adalah aplikasi kalender konten baru yang dirancang untuk membantu para profesional merencanakan konten mereka.

Dengan ContentCal, Anda dapat merencanakan posting Anda selama enam bulan ke depan dengan user interface yang sederhana.

Aplikasi ini memiliki fitur, seperti kalender, template, dan fitur lainnya yang akan memberi Anda gambaran lengkap tentang strategi konten.

2. Falcon.

Falcon-social media marketing tools

 

Ketika Anda memiliki banyak kegiatan, mungkin sulit untuk mengikuti kalender konten Anda.

Falcon adalah asisten pribadi yang membantu Anda merencanakan kalender editorial, menyusun posting media sosial, dan membagikan posting di saluran sosial.

Semuanya dapat direncanakan berdasarkan timeline.

3. Loomly.

loomly - social media marketing tools

 

Loomly adalah alat hebat yang memungkinkan Anda merencanakan strategi konten perusahaan. Dapat diakses dari mana saja dan digunakan di berbagai perangkat.

Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan kalender dengan perusahaan Anda untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk anggota tim.

Baca Juga artikel Desain UX – Pengertian, Manfaat dan Cara Menjadi UX Designer

Anda dapat mengimpor Kalender Google yang ada ke Loomly, atau mulai dengan opsi kanvas kosong saat membuat kalender baru.

Ketika Anda mengklik “Tambah Acara,” Loomly akan secara otomatis mengisi beberapa bidang untuk Anda, seperti nama acara, tanggal, waktu, durasi, lokasi, dll., yang akan menghemat waktu.

4. Sendible.

sendible - social media marketing tools

 

Sendible adalah sistem manajemen konten yang memungkinkan pengguna membuat dan memantau kalender konten media sosial mereka.

Menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur canggih yang memungkinkan Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk manajemen dan lebih banyak waktu untuk kreativitas.

Sendible juga memiliki banyak fitur seperti analitik, penjadwalan, penerbitan, pelacakan umpan balik, dan pembangunan komunitas.

5. Agorapulse.

agorapulse - social media marketing tools

 

Jika Anda adalah perusahaan yang mencari cara yang lebih baik untuk mengatur strategi konten Anda, Agorapulse bisa menjadi jawabannya.

Situs web ini memungkinkan Anda membuat kalender konten yang selaras dengan strategi pemasaran dan tujuan media sosial Anda saat ini.

Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menjadwalkan posting dan melacak keterlibatan audiens pada setiap posting.

6. Sprout Social.

sprout social - social media marketing tools

 

Sprout Social adalah perangkat lunak manajemen media sosial untuk bisnis.

Ini menawarkan solusi lengkap untuk mengelola akun media sosial, menerbitkan postingan, dan menanggapi pertanyaan pelanggan dari satu tempat.

Artikel menarik lainnya 18 Ide Bisnis Online – Modal Kecil dan Untung Besar

Sprout Social dapat digunakan oleh bisnis dari semua ukuran dan anggaran karena dapat digunakan di berbagai platform dan dilengkapi dengan fitur seperti analitik, manajemen tugas, alat kolaborasi, dan banyak lagi.

7. Coschedule.

coschedule - social media marketing tools

 

Jika Anda sedang mencari alat untuk membantu Anda mengatur kalender konten Anda, Coschedule adalah pilihan yang bagus.

Anda dapat dengan mudah melihat posting apa yang dijadwalkan untuk beberapa waktu kedepan dan membuat posting baru secara massal.

Coschedule adalah alat yang sangat baik untuk menghemat waktu dan menghindari stres saat mengelola kalender konten Anda.

Pembaruan terbaru semakin mempermudah pengelolaan jadwal Anda dengan aplikasi atau versi desktop.

8. Buffer.

buffer - social media marketing tools

 

Buffer adalah alat manajemen media sosial yang membantu pengguna mengelola media sosial dan aktivitas blogging mereka.

Alat ini memiliki kalender bawaan yang dapat digunakan untuk membuat kalender konten dan merencanakan posting media sosial.

Aplikasi Buffer memungkinkan Anda untuk melihat posting Anda, posting terjadwal, dan posting konsep semua di satu tempat.

Artikel lengkap membahas Digital Marketing – Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing

Buffer juga memberi pengguna opsi untuk menambahkan beberapa akun dari berbagai platform seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Quora, Tumblr, dan WordPress.

Memastikan bahwa mereka tidak harus masuk dan keluar dari setiap platform secara terpisah saat memposting di situs yang berbeda.

9. Edgar.

meetedgar - social media marketing tools

 

Edgar adalah alat yang bagus untuk membuat kalender ini karena mudah digunakan, mendukung kolaborasi, dan memiliki antarmuka intuitif yang dapat digunakan pengguna dengan cepat.

Edgar adalah alat gratis yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi kalender secara terpusat melalui antarmuka yang intuitif.

Dirancang untuk dapat diakses oleh semua, dari pengguna pertama kali hingga mereka yang memiliki kebutuhan yang lebih rumit.

10. SocialPilot.

social pilot - social media marketing tools

 

SocialPilot dirancang untuk membantu Anda menghemat waktu dengan membiarkan Anda mendistribusikan konten Anda di semua saluran media sosial Anda di satu tempat.

Anda dapat mengatur konten Anda terlebih dahulu, menjadwalkannya untuk diposting pada waktu yang tepat, atau bahkan meminta perangkat lunak untuk mempublikasikannya secara otomatis untuk Anda.

Ini sangat cocok untuk orang yang terlalu sibuk untuk terus-menerus memeriksa saluran media sosial mereka, atau mereka yang tidak tahu cara menggunakan media sosial.

Ini juga membantu Anda melacak keterlibatan, mengukur jangkauan, dan menganalisis kinerja upaya Anda di berbagai jaringan.

11. Hootsuite.

hootsuite - social media marketing tools

 

Hootsuite adalah perangkat lunak media sosial yang memungkinkan Anda mengelola beberapa akun media sosial dari antarmuka yang sama.

Ada banyak cara di mana Anda dapat menggunakan Hootsuite untuk membuat kalender konten untuk bisnis Anda.

Pertama, Anda dapat membuat daftar semua posting blog Anda di Hootsuite sehingga dijadwalkan pada hari dan waktu yang tepat.

Anda juga dapat mengunggah foto untuk diposting di Instagram atau platform media sosial lainnya menggunakan Hootsuite.Terakhir, Anda dapat mengatur secara otomatis buletin mingguan atau infografis yang dapat dibagikan keluar pada jadwal yang disepakati sehingga tidak ada waktu yang terbuang.

12. Hopper HQ.

hopper - social media marketing tools

 

Hopper HQ dapat digunakan untuk membuat kalender konten,sehingga memudahkan pengguna untuk merencanakan dan mempublikasikan konten terlebih dahulu.

Antarmukanya sangat user friendly dan memiliki berbagai fitur yang membuatnya mudah digunakan.

Hal terbaik tentang alat ini adalah pengguna dapat melihat bagaimana posting mereka akan terlihat di berbagai platform media sosial terlebih dahulu sebelum mereka mempublikasikannya.

Jasa Social Media Marketing Untuk Perusahaan.

Jasa social media marketing semakin populer di dunia bisnis saat ini, karena memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Manfaat menggunakan layanan ini adalah memungkinkan perusahaan untuk fokus pada tujuan utamanya.

Jasa social media marketing adalah pendekatan terintegrasi untuk iklan media sosial yang mencakup banyak kegiatan seperti membuat konten untuk bisnis Anda, mengoptimalkan posting, melacak prospek dan konversi, dan banyak lagi.

Ada banyak jenis layanan social media marketing di luar sana, tetapi beberapa yang paling populer adalah:

  • Jasa Manajemen Media Sosial
  • Jasa Optimasi Media Sosial
  • Jasa Pembuatan Konten Media Sosial

Kami menawarkan layanan social media marketing kepada perusahaan yang membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis.

Keuntungan Menggunakan Jasa Social Media Marketing.

Mendapatkan hasil yang lebih baik dengan biaya yang lebih murah.

Untuk menjalankan social media marketing, perusahaan membutuhkan tim yang ahli dalam bidang sosial media strategy, desain, video editor dan copy writer.

Sulit mendapatkan seorang karyawan yang mampu menguasai semua bidang tersebut, sehingga perusahaan harus mempekerjakan 2-4 orang untuk melakukan social media marketing.

Tentu akan membutuhkan biaya sekitar Rp. 9.000.000 sampai Rp. 18.000.000. Belum termasuk social media marketing tool yang juga harus dibayar setiap bulannya.

Dengan menggunakan jasa social media marketing maka promosi media sosial Anda akan dikerjakan oleh tim yang lengkap dan sudah berpengalaman melakukanya.

Perusahaan Anda akan mendapatkan kampanye media sosial yang dengan strategi yang tepat dan konten yang berkualitas.

Tentu hasilnya akan lebih maksimal kan?

Biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih rendah.

Silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran jasa social media marketing.

Kunjungi juga halaman facebookinstagram dan linkedin kami untuk belajar digital marketing dan mendapatkan info promo terbaru.

Creative Digital Agency

Layanan & Jasa

Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.

Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website di batam

Jasa SEO Halaman Pertama

jasa seo di batam

Sosial Media Marketing

jasa sosial media management

Server & Cloud Management

jasa server di batam

Jasa Brand Design

jasa brand design di batam

Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis di batam

Jasa Design Digital Product

jasa design digital product

Foto & Video Production

jasa foto dan video di batam