Mengapa brand guidelines itu penting? Merek adalah aset yang sangat penting dalam berbisnis. Bukan hanya sekadar logo, identitas merek adalah kepribadian sebuah bisnis dan akan menjadi kunci untuk menampilkan merek Anda secara konsisten di semua kegiatan marketing, baik online maupun offline.
Anda telah mengeluarkan uang dan bekerja keras untuk membangun merek perusahaan Anda, dan inilah mengapa pedoman merek sangat penting untuk menjaga materi perusahaan Anda terlihat konsisten dan profesional setiap saat.
Pedoman merek melindungi nilai merek bisnis Anda dengan memberikan instruksi komprehensif untuk semua karyawan, pemangku kepentingan, dan pemasaran eksternal.
Daftar Isi
Apa Itu Brand Guidelines?
Brand Guidelines adalah dokumentasi aturan yang ditetapkan untuk menunjukkan bagaimana merek perusahaan Anda harus dipresepsikan. Pedoman merek mampu mengkomunikasikan berbagai hal tentang merek bisnis Anda, baik secara internal kepada karyawan atau secara external kepada mitra bisnis, pelanggan dan masyarakat.
Pedoman Merek biasanya berisi hal-hal berikut ini:
a. Identitas Merek Bisnis
- Visi perusahaan
- Misi perusahaan
- Nilai inti perusahaan
- Kepribadian perusahaan
- Tone
- Elevator Pitch
- Dan lainnya
b. Aset Merek Bisnis
- Logo
- Palet Warna
- Jenis Huruf
- Spasi
- Latar Belakang
- Dan lainnya
Manfaat Brand Guidelines Untuk Bisnis Anda
Brand Guidelines (Pedoman Merek) sangat penting dibuat saat memulai perusahaan baru atau saat melakukan rebranding perusahaan. Sehingga kegiatan marketing kedepannya tetap merepresentasikan karakter perusahaan Anda secara keseluruhan dan tidak melenceng.
Bukan masalah besar atau kecilnya sebuah perusahaan, membuat brand guidelines adalah kesadaran pemilik usaha untuk mempertahankan karakter perusahaan dan membuatnya tetap konsisten.
Ketika perusahaan Anda terlihat konsisten di mata pelanggan, maka kepercayaan mereka akan meningkat. Berikut ini manfaat pedoman merek untuk merek bisnis Anda:
1. Brand Guidelines Menciptakan Konsistensi
Semua kegiatan pemasaran baik dalam bentuk online maupun offline seharusnya merepresentasikan karakter bisnis yang sama. Elemen-elemen yang ada pada website seperti font, color, logo dan lainnya harus sama dengan yang digunakan pada media cetak seperti flayer.
Bagaimana ini bisa terjadi jika staf yang mengerjakan berbeda-beda? Itu lah fungsi dari brand guidelines. Karyawan perusahaan Anda akan menggunakannya sebagai pedoman saat melakukan kegiatan marketing.
Konsistensi dalam sebuah bisnis sangatlah penting, dengan gaya marketing yang konsisten merek bisnis Anda akan mudah dikenal oleh pelanggan. Selain itu brand guidelines juga mengkomunikasikan kebanggaan sebuah merek bisnis dan setiap detailnya.
2. Brand Guidelines Menetapkan Standart dan Aturan
Pedoman merek terdiri dari aturan tentang cara menggunakan elemen visual sebuah merek bisnis. Seperti warna apa yang digunakan, kapan harus menggunakan logo, bagaimana spasi pada logo dan font apa yang harus digunakan.
Memang terlihat sederhana, mungkin Anda berpikir, saya sudah hafal itu!
Memang Anda mengerti merek bisnis Anda secara keseluruhan, tetapi karyawan Anda tidak.
Mengenal sebuah merek secara keseluruhan membutuhkan waktu yang cukup lama, dan belum tentu semua karyawan Anda mempunya pemahaman yang sama. Brand guidelines yang akan menyatukan presepsi semua karyawan Anda. Sehingga semua kegiatan marketing perusahaan tetap pada standart yang sudah ditetapkan.
3. Merek Bisnis Mudah Dikenali
Menjaga merek bisnis Anda tetap konsisten adalah langkah yang paling tepat untuk mudah dikenali oleh calon pelanggan. Karena sesuatu yang dilihat secara berulang-ulang akan membentuk memori didalam otak kita. Untuk itu setiap kegiatan marketing di perusahaan Anda harus konsisten mengkomunikasikan merek bisnis yang sudah ditetapkan pada brand guidelines.
4. Brand Guidelines Menunjukkan Nilai
Ketika identitas merek bisnis Anda berhubungan satu dengan yang lainnya, maka akan meningkatkan nilai yang dipresepsikan oleh merek bisnis Anda. Selain itu akan membuat merek Anda tampil lebih profesional dan meyakinkan. Menggunakan brand guidelines mempermudah Anda menjaga kualitas dan integritas merek bisnis Anda.
Apa Saja Yang Termasuk Pedoman Merek?
Pedoman Merek bisa bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Ada yang benar-benar detail, ada juga yang sederhana. Semua tergantung pada seberapa besar keinginan Anda untuk menjaga konsistensi merek bisnis Anda. Secara umum brand guidelines akan mencakup hal-hal berikut ini:
a. Logo Perusahaan
Mendemonstrasikan tata letak yang berbeda dari logo perusahaan, variasi warna dan bagaimana logo perusahaan harus digunakan. Panduan yang lebih rinci akan menjelaskan persyaratan ukuran dan jarak serta apa yang tidak boleh dilakukan.
b. Palet Warna
Memastikan palet warna yang digunakan untuk kegiatan marketing perusahaan tetap konsisten.
c. Tipografi
Menguraikan berbagai font yang dapat digunakan pada merek bisnis Anda, termasuk bobot dan gaya yang berbeda.
d. Pendahuluan
Menguraikan nilai-nilai bisnis dan menguraikan kepribadian merek bisnis Anda.
e. Nada Suara
Nada suara yang digunakan dalam materi pemasaran dan komunikasi internal dan external.
f. Stationery
Penggunaan merek brand pada alat-alat stationery perusahaan.
Jika perusahaan atau bisnis Anda belum memiliki pedoman merek, silahkan hubungi SWS Digital Agency di halaman kontak. Tim kami akan menyusun brand guidelines sesuai dengan karakter bisnis Anda.
Kunjungi halaman facebook dan instagram kami untuk mendapatkan informasi dan promo terbaru.
Creative Digital Agency
Layanan & Jasa
Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.
Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.
2 Comments
Comments are closed.
[…] Baca juga Brand Guidelines – Pengertian dan Manfaatnya […]
[…] Brand guidelines direkomendasikan untuk organisasi yang ingin memastikan konsistensi di antara semua materi promosi yang diproduksi oleh anggota tim mereka. […]